Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Langkah-Langkah Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polri

Polda - Bid Humas

Polda kep. Bangka belitung, bidang hubungan masyarakat,- Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dibidang pelayanan publik guna memudahkan melayani kebutuhan masyarakat sekaligus melihat komitmen Polri dalam menyelenggarakan pelayanan publlk yang mudah, cepat, bersih dan transparan. Maka pada tahun 2017 Ombudsman Ri telah melaksanakan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik yang berpedoman pada uu nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dimana nilai yang diperoleh polri adalah 86,70 (zona kuning) atau predikat kepatuhan sedang.

Hasil penilaian Ombudsman RI pada tahun 2017 difokuskan pada pelayanan kepolisian dibidang penerbitan sim A dan B baru, serta pelayanan penerbitan skck yang diselenggarakan di 153 Polres/Ta/Tabesipolres Metro di seluruh indonesia.
Pada tahun 2018 ini Ombudsman RI kembali akan melakukan penilaian terhadap pelayanan Polri di 3 (tiga) bidang yaitu Pelayanan Sim, Skck dan Pelayanan yang dilaksanakan oleh SPKT, dengan menggunakan metode blusukan dimana tim penilai datang tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu.
Berkaitan dengan hal tersebut diatas guna meningkatkan kualitas pelayanan publik Polri, dimohon kepada kasatker dan kasatwil untuk:
1. Melakukan persiapan sebalk-baiknya pada bidang pelayanan publik yang akan dilakukan penilaian oleh ombudsman ri maupun lembaga survei independen lain, sehingga dapat memperoleh hasil optimal dan obyektif;
2. Perbalkl seluruh sektor pelayanan publik yang menjadi domain tupoksi polri, baik dari aspek sdm yang mumpuni dan mempunyai perilaku melayani, aspek dukungan sarpras optimal yang tersedia pada ruang layanan publik maupun halhal lain yang terkait komponen standar pelayanan publik yang mengacu pada uu nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik;
3. Menempatkan sdm yang mempunyai kompetensi baik utamanya yang ditugaskan pada SPKT, karena spkt merupakan etalase Polri bagi masyarakat yang akan melaporkan permasalahan yang dialaminya;
4. Tingkatkan kepercayaan publik terhadap polri dengan melakukan peningkatan kinerja yang salah satunya dibidang pelayanan publik (berbasis it) yang saat in! Tengah menjadl sorotan dan atensi dari presiden ri, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang mudahlakses yang lebih baik tanpa harus mendatangi kantor polisi;
5. Lakukan penguatan dibidang manajemen media guna membangun oplnl positif terhadap polri saat ini didominasi bersumber dari media massa baik yang konvensional maupun media sosial;
6. Lakukan pengawasan secara melekat dari unsur internal polri pada bldang-bidang pelayanan publik, guna mencegah perilaku menyimpang baik yang berasal dari anggota polri sendiri maupun dari masyarakat;
7. Melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) secara berkala. Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dan efisiensi pelayanan publik tersebut baik bagi polri maupun masyarakat serta tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polri dibidang pelayanan publik;
8. Terus melakukan inovasi bidang pelayanan publik dengan mempedomani standar pelayanan pubuk sebagaimana dijelaskan dalam uu nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik beserta aturan turunannya.


 

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian