Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Tepis Isu Viral, Polri Jelaskan Prosedur Penindakan Brimob Nusantara

Polda - Bid Humas

1Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Jakarta, Rekaman video Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengecek kesiapan amunisi anggota Brimob menjadi viral di Twitter, namun dibumbui dengan narasi menyudutkan. Polri menegaskan narasi di postingan Twitter itu tidak sesuai fakta.

Video itu diunggah akun @AnonymousID_. Akun itu menyertakan kalimat 'Gelar pasukan di Jakarta Ada, 20 peluru tajam yang di sandang Brimob pada magazane kedua. Ini rezim udah siap - siap mau memerangi rakyat kah.???#KPUJanganSalahInputData'.

Menanggapi viralnya video tersebut, Polri menegaskan narasi yang ditulis pemilik akun tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Pengecekan amunisi, dijelaskan Dedi, memang dilakukan tetapi untuk memastikan anggota benar-benar dalam kondisi siap melindungi rakyat.

"Masyarakat jangan terpengaruh dan percaya dengan narasi yang dibuat oleh akun yang tidak jelas dan tidak bertanggung jawab. Bahwa narasi tersebut tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan Pak Kapolri saat melakukan pengecekan kesiapan pengamanan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2019).

"Kapolri menanyakan hal tersebut dalam rangka kesiapan pengamanan," imbuhnya.

Dedi mengatakan saat ada sesuatu yang membahayakan keamanan masyarakat dan personel, Kapolri ingin anggota sudah dalam kondisi siap menyelamatkan masyarakat dari bahaya dan mengondusifkan situasi.

Dedi menjelaskan tindakan-tindakan kepolisian selalu memerhatikan 4 hal. Yaitu mulai dari mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) hingga mengutamakan langkah pencegahan atau preventif.

"Pertama adalah harus mengacu kepada ketentuan dan prosedur yang berlaku. Ini akses legalisasi. Yang kedua adalah polisi harus memperhatikan norma-norma yang berlaku di masyarakat, ada norma sosial, susila, agama, etika dan sebagainya," terang Dedi.

Ketiga, lanjutnya, Polri harus menjunjung tinggi hak asasi manusia. Keempat, polisi mengutamakan tindakan-tindakan pencegahan.

"Artinya dari empat konsep itu berlaku secara universal," sambungnya.

Dedi menerangkan Polri memiliki dua Peraturan Kapolri (perkap) yang menjadi acuan seluruh anggota.

 

"Yang pertama Perkap 1 tahun 2010 tentang tata cara penggunaan kekuatan di mana tindakan kepolisian ada 6 tahapan, mulai tahapan lunak sampai tahapan keras. Tahapan keras itu dengan menggunakan senjata api," tutur Dedi.

Peraturan selanjutnya adalah Perkap 7 Tahun 2010 tentang implementasi HAM dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Dia mencontohkan jika ada seseorang yang membawa senjata dan membahayakan keselamatan orang lain, maka polisi dapat melakukan tindakan yang melumpuhkan seseorang tersebut.

"Artinya ketika ada orang membawa senjata tajam yang bisa mengancam keselamatan petugas, keselamatan masyarakat, anggota bisa melaksanakan diskresi. Diskresi itu kemampuan anggota menilai suatu keadaan sebelum anggota melakukan suatu tindakan. Kalau sudah membahayakan orang lain, membahayakan petugas, petugas wajib hukumnya untuk melumpuhkan," ucap Dedi.

Dedi kemudian berujar tak semua anggota Polri berhak menguasai senjata dengan amunisi peluru tajam. Senjata yang disertai amunisi lengkap itu dipegang oleh tim penindak.

"Kalau ada satuan penindak, itu (peluru tajam) ada. Kalau anggota biasa, reserse, lantas nggak perlu kaya gitu," ujar Dedi.


Artikel Terkait :

» Polri Tangkap 2 Kurir 70 Kg Narkoba Jenis Sabu Asal Malaysia

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Bareskrim Polri menangkap dua tersangka yang menjadi kurir 70 kg narkoba jenis sabu asal Malaysia. Kasus ini berawal dari informasi masyarakat tentang adanya dugaan pengiriman narkoba dari...

» Polri Sita 1,3 Ton Ganja Dalam Kurun Waktu 2 Bulan

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Rabu, 22 Januari 2020.Polda Metro Jaya mengungkap adanya 1,3 ton ganja yang disita pada kurun waktu dua bulan terakhir, yaiut Desember 2019 dan Januari 2020.

» Polri Gagalkan Penyelundupan Sabu 70 Kg Sindikat Malaysia

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 70 Kilogram (Kg). Barang tersebut merupakan sindikat asal Malaysia-Indonesia.

» Polri Siap Tindak Mafia Migas

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat - Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., menyambut kunjungan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan beberapa petinggi SKK Migas di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020). Pertemuan...

» Polri dan SKK Migas Perkuat Pengamanan Hulu Migas

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat - Menghadapi illegal drilling dan illegal tapping, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus memperkuat kerjasama dengan Polri dalam rangka...

» Wakapolda Babel Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Seleksi Sespimmen Polri, Sespimma Polri dan SIP tahun 2020

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,-  Kapolda Kep. Bangka Belitung Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat yang diwakili Wakapolda Kep. Bangka Belitung Kombes Pol Slamet Hadi dan PJU Polda Kep. Bangka Belitung melaksanakan kegiatan...

» Viral Foto Jadul Idham Azis dan Tito Karnavian

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Sebuah foto zaman dulu atau foto ‘jadul’ Idham Azis dan Tito Karnavian beredar viral di media sosial. Foto kedua Kapolri tersebut mendadak jadi perbincangan di media sosial. Dalam foto...

» Kapolri: Netralitas Polri di Pilkada Serentak 2020 Harga Mati

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Kapolri Jenderal Idham Azis memastikan Polri dan TNI akan bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Namun, Polri dibantu TNI siap mengawal semua agenda Pilkada.

» Bentuk Kepedulian Polri,Polres Bangka Barat Bantu Korban Angin Puting Beliung

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Anggota Polres Bangka Barat, menyalurkan bantuan kepada korban angin puting beliung, Kejadian tersebut Pada hari Minggu, tanggal 12 Januari 2020 sekira pkl 14.00 wib, telah terjadi peristiwa robohnya rumah sdr...

» Polri dan Bea Cukai Ungkap Importasi Pulpen Palsu

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Kamis, 09 Januari 2020. Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Djamaludin didampingi Direktur Reskrimsus Polda Jawa Timur Kombes Pol Gideon Arif Setiawan menghadiri konferensi pers Penindakan Barang...

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian