Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Tepis Isu Viral, Polri Jelaskan Prosedur Penindakan Brimob Nusantara

Polda - Bid Humas

1Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Jakarta, Rekaman video Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengecek kesiapan amunisi anggota Brimob menjadi viral di Twitter, namun dibumbui dengan narasi menyudutkan. Polri menegaskan narasi di postingan Twitter itu tidak sesuai fakta.

Video itu diunggah akun @AnonymousID_. Akun itu menyertakan kalimat 'Gelar pasukan di Jakarta Ada, 20 peluru tajam yang di sandang Brimob pada magazane kedua. Ini rezim udah siap - siap mau memerangi rakyat kah.???#KPUJanganSalahInputData'.

Menanggapi viralnya video tersebut, Polri menegaskan narasi yang ditulis pemilik akun tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Pengecekan amunisi, dijelaskan Dedi, memang dilakukan tetapi untuk memastikan anggota benar-benar dalam kondisi siap melindungi rakyat.

"Masyarakat jangan terpengaruh dan percaya dengan narasi yang dibuat oleh akun yang tidak jelas dan tidak bertanggung jawab. Bahwa narasi tersebut tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan Pak Kapolri saat melakukan pengecekan kesiapan pengamanan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2019).

"Kapolri menanyakan hal tersebut dalam rangka kesiapan pengamanan," imbuhnya.

Dedi mengatakan saat ada sesuatu yang membahayakan keamanan masyarakat dan personel, Kapolri ingin anggota sudah dalam kondisi siap menyelamatkan masyarakat dari bahaya dan mengondusifkan situasi.

Dedi menjelaskan tindakan-tindakan kepolisian selalu memerhatikan 4 hal. Yaitu mulai dari mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) hingga mengutamakan langkah pencegahan atau preventif.

"Pertama adalah harus mengacu kepada ketentuan dan prosedur yang berlaku. Ini akses legalisasi. Yang kedua adalah polisi harus memperhatikan norma-norma yang berlaku di masyarakat, ada norma sosial, susila, agama, etika dan sebagainya," terang Dedi.

Ketiga, lanjutnya, Polri harus menjunjung tinggi hak asasi manusia. Keempat, polisi mengutamakan tindakan-tindakan pencegahan.

"Artinya dari empat konsep itu berlaku secara universal," sambungnya.

Dedi menerangkan Polri memiliki dua Peraturan Kapolri (perkap) yang menjadi acuan seluruh anggota.

 

"Yang pertama Perkap 1 tahun 2010 tentang tata cara penggunaan kekuatan di mana tindakan kepolisian ada 6 tahapan, mulai tahapan lunak sampai tahapan keras. Tahapan keras itu dengan menggunakan senjata api," tutur Dedi.

Peraturan selanjutnya adalah Perkap 7 Tahun 2010 tentang implementasi HAM dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Dia mencontohkan jika ada seseorang yang membawa senjata dan membahayakan keselamatan orang lain, maka polisi dapat melakukan tindakan yang melumpuhkan seseorang tersebut.

"Artinya ketika ada orang membawa senjata tajam yang bisa mengancam keselamatan petugas, keselamatan masyarakat, anggota bisa melaksanakan diskresi. Diskresi itu kemampuan anggota menilai suatu keadaan sebelum anggota melakukan suatu tindakan. Kalau sudah membahayakan orang lain, membahayakan petugas, petugas wajib hukumnya untuk melumpuhkan," ucap Dedi.

Dedi kemudian berujar tak semua anggota Polri berhak menguasai senjata dengan amunisi peluru tajam. Senjata yang disertai amunisi lengkap itu dipegang oleh tim penindak.

"Kalau ada satuan penindak, itu (peluru tajam) ada. Kalau anggota biasa, reserse, lantas nggak perlu kaya gitu," ujar Dedi.


Artikel Terkait :

» Humas Polri Meningkatkan Kepercayaan Publik Untuk Menjaga Stabilitas Kamtibmas

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Senin, 09 Desember 2019, FGD DIVISI HUMAS POLRI “Strategi Humas Polri dalam Mengelola Media Guna Meningkatkan Kepercayaan Publik untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Negara menuju Indonesia...

» Kapolda Ajak Masyarakat Babel Jaga Silaturahmi Dengan Polri

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Senin, 09 Desember 2019. Kapolda Bangka Belitung, Brigjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka menjaga silaturahmi dengan pihak Polri.

» Polri Tangkap Sindikat Narkoba dari Malaysia via Sampan

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri membongkar jaringan narkoba yang mengirim narkoba jenis sabu dari Malaysia ke Jakarta. Empat tersangka dengan inisial RY, AL, ZL, dan BM ditangkap di Labuhan Batu,...

» Polri Gagalkan Penyelundupan Sabu 37 Kg dari Malaysia

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Polisi bersama Direktorat Jenderal Bea Cukai menangkap empat tersangka peredaran narkotika jenis sabu jaringan Malaysia, Medan, dan Jakarta. Keempat pelaku adalah RY, AL, ZL, dan BM.

» Polri Tangkap 4 Orang Penyelundup 37 Kg Sabu Lewat Laut dari Malaysia

Polda Kep. Babel, Bid Bumas,- Direktorat Narkoba Bareskrim Polri menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu via laut dari Malaysia menuju Selat Malaka. Ada 37 Kg sabu yang disita dari 4 tersangka yang ditangkap.

» Pertama di Indonesia Kapolri Luncurkan Aplikasi Satpam Mantap

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Kamis, 05 Desember 2019. Era Digital diantisipasi oleh Polda Metro Jaya dengan melakukan inovasi layanan informasi aplikasi digital bertajuk Satpam Mantap. Aplikasi pertama di Indonesia ini...

» Kapolri Resmikan Pusat Informasi dan Teknologi Lemdiklat Polri

Polda Kep. Babel, Bid Humas,-  Kapolri Jenderal Idham Azis meresmikan Pusat Informasi dan Teknologi atau IT Center Lemdiklat Polri. IT Center berdiri di gedung utama Lemdiklat Polri, Jalan Ciputat Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

» Kapolri Berencana Tingkatkan Status Sejumlah Polda Menjadi Tipe A

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Selasa, 03 Desember 2019. Kapolri Jenderal Pol Idham Azis berencana meningkatkan status sejumlah polda tipe B menjadi tipe A. "Memang ada kebijakan dari Bapak Kapolri nanti untuk Polda yang...

» Kapolri Menjadi Irup pada Tupdik Sespimti Polri Dikreg ke-28 dan Sespimmen Polri Dikreg ke-59 T.A. 2019

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Senin, 02 Desember 2019. Pukul 13.00 WIB, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si Menjadi Irup pada Tupdik Sespimti Polri Dikreg ke-28 dan Sespimmen Polri Dikreg ke-59 T.A. 2019 di...

» Wakapolda : Jangan Berikan Celah untuk Calo Pada Penerimaan CPNS Polri 2019

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Polda Kepulauan Bangka Belitung memulai melakukan seleksi penerimaan PNS Polri tahun anggaran 2019. Sebelumnya sebanyak 200 peserta yang mendaftar di Polda Kepulauan Bangka Belitung dinyatakan...

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian