Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Tepis Isu Viral, Polri Jelaskan Prosedur Penindakan Brimob Nusantara

Polda - Bid Humas

1Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Jakarta, Rekaman video Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengecek kesiapan amunisi anggota Brimob menjadi viral di Twitter, namun dibumbui dengan narasi menyudutkan. Polri menegaskan narasi di postingan Twitter itu tidak sesuai fakta.

Video itu diunggah akun @AnonymousID_. Akun itu menyertakan kalimat 'Gelar pasukan di Jakarta Ada, 20 peluru tajam yang di sandang Brimob pada magazane kedua. Ini rezim udah siap - siap mau memerangi rakyat kah.???#KPUJanganSalahInputData'.

Menanggapi viralnya video tersebut, Polri menegaskan narasi yang ditulis pemilik akun tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Pengecekan amunisi, dijelaskan Dedi, memang dilakukan tetapi untuk memastikan anggota benar-benar dalam kondisi siap melindungi rakyat.

"Masyarakat jangan terpengaruh dan percaya dengan narasi yang dibuat oleh akun yang tidak jelas dan tidak bertanggung jawab. Bahwa narasi tersebut tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan Pak Kapolri saat melakukan pengecekan kesiapan pengamanan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2019).

"Kapolri menanyakan hal tersebut dalam rangka kesiapan pengamanan," imbuhnya.

Dedi mengatakan saat ada sesuatu yang membahayakan keamanan masyarakat dan personel, Kapolri ingin anggota sudah dalam kondisi siap menyelamatkan masyarakat dari bahaya dan mengondusifkan situasi.

Dedi menjelaskan tindakan-tindakan kepolisian selalu memerhatikan 4 hal. Yaitu mulai dari mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) hingga mengutamakan langkah pencegahan atau preventif.

"Pertama adalah harus mengacu kepada ketentuan dan prosedur yang berlaku. Ini akses legalisasi. Yang kedua adalah polisi harus memperhatikan norma-norma yang berlaku di masyarakat, ada norma sosial, susila, agama, etika dan sebagainya," terang Dedi.

Ketiga, lanjutnya, Polri harus menjunjung tinggi hak asasi manusia. Keempat, polisi mengutamakan tindakan-tindakan pencegahan.

"Artinya dari empat konsep itu berlaku secara universal," sambungnya.

Dedi menerangkan Polri memiliki dua Peraturan Kapolri (perkap) yang menjadi acuan seluruh anggota.

 

"Yang pertama Perkap 1 tahun 2010 tentang tata cara penggunaan kekuatan di mana tindakan kepolisian ada 6 tahapan, mulai tahapan lunak sampai tahapan keras. Tahapan keras itu dengan menggunakan senjata api," tutur Dedi.

Peraturan selanjutnya adalah Perkap 7 Tahun 2010 tentang implementasi HAM dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Dia mencontohkan jika ada seseorang yang membawa senjata dan membahayakan keselamatan orang lain, maka polisi dapat melakukan tindakan yang melumpuhkan seseorang tersebut.

"Artinya ketika ada orang membawa senjata tajam yang bisa mengancam keselamatan petugas, keselamatan masyarakat, anggota bisa melaksanakan diskresi. Diskresi itu kemampuan anggota menilai suatu keadaan sebelum anggota melakukan suatu tindakan. Kalau sudah membahayakan orang lain, membahayakan petugas, petugas wajib hukumnya untuk melumpuhkan," ucap Dedi.

Dedi kemudian berujar tak semua anggota Polri berhak menguasai senjata dengan amunisi peluru tajam. Senjata yang disertai amunisi lengkap itu dipegang oleh tim penindak.

"Kalau ada satuan penindak, itu (peluru tajam) ada. Kalau anggota biasa, reserse, lantas nggak perlu kaya gitu," ujar Dedi.


Artikel Terkait :

» Kapolres Bateng “ Polri Bersama Instansi terkait siap Amankan Mudik 2019”

Polda Kep.Bangka Belitung, Bid Humas – Bangka Tengah, Pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing 2019 yang dimulai tepat tanggal 29 Mei 2019 tepat Pukul 00.00 wib, Operasi Kepolisian ini mendapatkan perhatian Khusus dari Polri dan Pimpinan daerah, hal...

» 3 Kelompok Pericuh Rusuh 21 22 Mei Polri Akan Telusuri Keterkaitannya

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas – Jakarta, Aparat kepolisian masih mendalami keterkaitan tiga kelompok penunggang gelap yang melakukan kericuhan pada aksi massa 21 Mei-22 Mei 2019 di sejumlah wilayah Jakarta. "Sebanyak 442 orang sudah...

» Korlantas Polri Petakan Titik-Titik Macet Mudik Lebaran 2019

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Menjelang mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Korlantas Polri sudah memetakan sejumlah titik yang berpotensi terjadi kemacetan saat mudik lebaran tahun 2019.

» Kapolri Pastikan Tidak Ada Penggunaan Peluru Tajam Pada Pengamanan Unjuk Rasa di Kantor KPU RI

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Kapolri Jendral Polisi Prof H Muhammad Tito Karnavian, MA, PhD, memastikan jika seluruh anggota Polri yang bertugas tidak menggunakan Peluru tajam. Polisi yang berjaga depan kantor Bawaslu...

» Klarifikasi Kadiv Humas Polri Tentang Viral Foto Brimob Bermata Sipit

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Jakarta. Pasca pengumuman hasil rekapitulasi surat suara Pemilu 2019, Polri masih terus melakukan pengamanan unjuk rasa yan dilakukan oleh masyarakat.

» Kapolri: Ada yang Ingin Ciptakan Martir agar Publik Marah ke Aparat

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas – Jakarta, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengingatkan masyarakat bahwa ada upaya dari pihak tertentu untuk membuat kemarahan publik terhadap aparat keamanan. Caranya, kata dia, dengan menciptakan martir...

» Kapolri: Polri sudah amankan Terduga Demo bersenjata Api

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas – Jakarta, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengingatkan masyarakat bahwa ada upaya dari pihak tertentu untuk membuat kemarahan publik terhadap aparat keamanan. Caranya, kata dia, dengan menciptakan martir...

» Mabes Polri Masih Cek Kebenaran Info Anies Baswedan yang Sebut Ada Enam Korban Jiwa

 Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas – Jakarta, Pelaku provokator yang memicu kerusuhan massa dalam aksi 22 Mei di depan Gedung Bawaslu, Senin (21/5/2019) malam, berasal dari luar Jakarta, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri...

» Kapolri : Masyarakat Tetap Tenang dan Tidak Terprovokasi Oleh Isu Hoax yang Beredar

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Mabes Polri menggelar konferensi pers terkait peristiwa yang terjadi disekitar kantor Badan Pengawas Pemilu hingga Rabu, 22 Mei 2019 dini hari.

» Polri : Status Siaga 1 Hanya untuk Polisi, Bukan Masyarakat

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Kepala Divisi Humas Polri Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. menjelaskan bahwa status Siaga I yang beredar melalui telegram hanya ditujukan kepada Pihak Kepolisian, bukan masyarakat. “Siaga I itu...

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian