Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Kapolri Dorong Humas Polri Jadi Sumber Informasi Cepat Tepat Terpercaya

Polda - Bid Humas

kapolri-dorong-humas-polri-menjadi-sumber-informasi-cepat-tepat-dan-terpercaya-lfjPolda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masarakat,- Divisi Humas Polri didirikan pada 30 Oktober 1951. Divisi itu lahir sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menghadirkan unit-unit public relation (ketika itu berakronim purel) di setiap instansi pemerintah.

Pada mulanya, divisi itu bernama Dinas Penerangan Polri atau disingkat Dispenpol. Surat Keputusan (Skep) Dispenpol ditandatangani oleh Kapolri pertama Jenderal (Purn) Raden Soekanto Tjokrodoatmojo. 

Dalam perkembangannya, Dispenpol berkali-kali berganti nama, mulai dari Seksi Humas, Direktorat Humas, Pusat Penerangan Kepolisian hingga sejumlah nama lainnya. Baru pada Oktober 2002, lewat keputusan Kapolri bernomor Kep53/X/2002, unit khusus di bawah Kapolri itu resmi bernama Divisi Humas Polri.

"Kerja humas itu tidak mudah. Bahkan, itu rumit sebenarnya. Sekarang ini mengklarifikasi hoaks, memberikan imbauan melalui medsos, harus kreatif dengan meme, video pendek. Semua bidang humas harus begitu," jelas Kadiv Humas Polri.

Dalam mengumpulkan dan menyajikan data, Divisi Humas Polri memiliki departemen bernama Pusat Informasi Data (PID). Segala informasi terkait kasus dan detail mengenai rapat koordinasi penanganan kasus sebenarnya bisa diakses lewat PID.

Pejabat PID umumnya berada di seluruh satuan kerja yang mempermudah penyatuan informasi untuk disajikan kepada masyarakat melalui media massa. Namun demikian, pejabat PID biasanya juga merangkap jabatan lainnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono membenarkan bahwa kerja di Divisi Humas bukan kerja santai. Apalagi, jumlah media massa semakin banyak. Dalam sehari, Awi biasanya menerima ratusan pertanyaan dari wartawan. 

Humas Polri melakukan konferensi pers secara daring agar bisa memenuhi semua media. Kalau saya hanya membalas pesan, media daring dan koran saja yang bisa menjadikan berita, sedangkan TV butuh gambar dan radio butuh suara.

Tidak semua pertanyaan wartawan bisa direspons seketika itu juga. Di sisi lain, Humas juga perlu mengonfirmasi ke satuan kerja yang menangani perkara supaya tidak keliru menyampaikan fakta dan data kepada pewarta. Sehingga kerjanya sangat kejar-kejaran dengan waktu.

Divisi Hubungan Masyarakat (Div Humas) Polri memiliki peran penting dalam tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Di tengah kemajuan teknologi dan informasi Divhumas Polri memiliki tugas penting dalam memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat dapat terus tercipta dengan baik.

Dihari ulang tahun ke 69 Humas Polri, Kapolri, Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., turut memberikan ucapan serta harapan kepada Humas Polri.

Dalam cuplikan video yang diunggah oleh Instagram @divisihumaspolri Kapolri turut menyampaikan harapannya kepada Humas Polri di hari ulang tahunnya yang ke-69.

“Selamat hari ulang tahun ke 69 Humas Polri tahun 2020,” ungkap Kapolri.

“Semoga Humas Polri mampu menjadi sumber informasi yang tepat, mudah diakses, objektif, terpercaya, serta selalu partisipatif dalam setiap momentum guna mendukung kamtibmas yang aman dan kondusif,” lanjut Kapolri dalam video tersebut.


Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian